Pada tanggal 2 Agustus 2023 bertempat di Madinah Command Center.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M. Si mengadakan kegiatan Entry Meeting Evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB) dan ZI (Zona Integrasi) Tahun 2023 diikuti oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia

Sesuai dengan sambutan menpanrb agar mempedomani arahan presiden bahwa hasil evaluasi lebih berdampak, maka fokus evaluasi AKIP 2023 akan lebih menekankan pada tema kemiskinan ekstrim, penilaian rb tidak lagi disibukkan dengan penilaian mandiri akan tetapi penilaian RB General akan dilakukan pada tingkat meso, dan evaluasi zona integritas mengedepankan efektifitas pengendalian internal, dalam mengenali potensi resiko integritas, resiko terhadap pencapaian kinerja utama serta adanya perbaikan pelayanan publik.

MenpanRB juga mengapresiasi pada K/L serta Pemda yang sudah mendorong RB Berdampak lebih terukur, dan tidak terjebak pada tumpukan kertas saja.