Menuju Reformasi Birokrasi 2021, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan mengadakan Forum Group Discussion Pengembangan Budaya Kerja dengan mendatangkan pemateri dari Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis,4 November 2021 bertempat di Ruang Untung Suropati I Kantor Sekretariat Daerah Kota Pasuruan. Peserta kegiatan sejumlah 68 orang yakni para pejabat Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian pada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Nana Fajar Prijantoro, S.H., M,Si tentang nilai-nilai dasar yang menjadi penguatan budaya kerja. Presentasi dibuka dengan menyaksikan bersama video Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, meluncurkan fondasi baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Dalam pidatonya, Presiden menegaskan bahwa setiap ASN yang bertugas baik di Pemerintah Pusat maupun Daerah harus memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama, semboyan yang sama, dan harus mempunyai Core Values (BerAKHLAK). ASN harus memiliki orientasi yang sama, yakni memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pelaksanaan FGD Pengembangan Budaya Kerja di Ruang Untung Suropati, Kantor Sekretariat Daerah Kota Pasuruan

Kemudian, dilanjutkan dengan materi tentang Peran Budaya Kerja di Lingkungan Pemerintah Daerah. Budaya kerja yang merupakan aspek subjektif dari apa yang terjadi di dalam suatu Perangkat Daerah, mengacu kepada abstraksi seperti nilai dan norma yang meliputi seluruh atau bagian suatu tujuan perangkat daerah tersebut. Hal ini mungkin tidak didefinisikan, didiskusikan atau bahkan tidak diperhatikan. Namun, budaya dapat memiliki pengaruh pada perilaku seseorang dalam bekerja. Budaya kerja sangat diperlukan oleh setiap Perangkat Daerah yang perlu selalu dikembangkan dan disesuaikan dengan lingkungan kerja.

Paparan materi kedua tentang pentingnya peran budaya kerja di lingkungan pemerintah daerah